TERM OF REFERENCES (TOR) WORKSHOP
PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
A. Latar Belakang
Peningkatan kompetensi pendidik dan peningkatan kompetensi berkelanjutan merupakan dua kompetensi yang harus terus menerus dilaksanakan oleh setiap pendidik karena hal ini akan bermuara pada peningkatan kemampuan peserta didik. Kedua kegiatan peningkatan tersebut dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok atau organisasi.
Sebagai salah satu organisasi profesi pendidik, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), mempunyai peran penting dan strategis dalam membantu pendidik meningkatkan kompetensinya. Dalam rangka memfasilitasi pendidik Bahasa Inggris dalam naungan Kementerian Agama Provinsi DIY untuk mengembangkan kompetensi profesional dan meningkatkan kompetensi pendidik dan berkelanjutan, MGMP Bahasa Inggris MTs Provinsi DIY akan menyelenggarakan Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
B. Tujuan
Wokshop Penyusunan Proposal PTK dilaksanakan dengan tujuan:
1. Meningkatkan kemampuan pendidik untuk lebih memahami dan mendalami PTK.
2. Meningkatkan kemampuan pendidik untuk dapat menyusun proposal PTK.
3. Meningkatkan kemampuan pendidik dalam menindaklanjuti proposal PTK.
4. Meningkatkan kemampuan pendidik dalam mempublikasikan hasil PTK.
C. Sasaran
Sasaran kegiatan bimbingan teknis ini secara umum adalah para pendidik Bahasa Inggris MTs Se – Provinsi DIY PNS dan swasta yang berjumlah 25 (dua puluh lima) orang yang berasal dari MTs-MTs di wilayah DIY. Bagi peserta PNS, diprioritaskan bagi pendidik golongan III/c sampai IV/a. Untuk pemerataan peserta dari jumlah madrasah yang tersebar di Provinsi DIY, maka peserta diambilkan dari pewakilan seluruh MGMP Kabupaten dan Kota yang ada dengan perincian 5 dari Gunung Kidul, 5 dari Kulon Progo, 5 dari Bantul, 6 dari Sleman, dan 4 dari Kota Yogyakarta.
D. Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta setelah mengikuti pelatihan adalah dapat:
1. Menguasai konsep dasar Penelitian Tindakan Kelas.
2. Membuat proposal Penelitian Tindakan Kelas.
3. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas di madrasah masing-masing.
4. Membuat laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas.
5. Mempresentasikan hasil Penelitian Tindakan Kelas di forum ilmiah.
6. Mengetahui cara mempublikasikan hasil Penelitian Tindakan Kelas.
E. Manfaat
Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan workshop ini adalah sebagai berikut:
1. Manfaat bagi Peserta (pendidik); Kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi pendidik khususnya dalam meningkatkan pengetahuan, wawasan, pemahaman dan keterampilan peserta tentang pembuatan proposal Penelitian Tindakan Kelas.
2. Manfaat bagi Madrasah; Kegiatan ini juga dapat meningkatkan kerjasama antar pendidik di madrasah karena pelaksanaan penelitian tindakan kelas memerlukan kolaborasi atau kerjasama antar pendidik. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi sarana bagi madrasah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya pendidik.
3. Manfaat bagi Peserta pendidik; Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas pada dasarnya bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang dijumpai pendidik dalam pembelajaran di kelas. Permasalahan yang sering dihadapai pendidik sebagian besar bekaitan dengan peserta didik. Peningkatan kemampuan pendidik dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas akan berdampak langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran sehingga dengan demikian peserta pendidik dapat mengembangkan potensinya secara optimal.
F. Model dan Alur Kegiatan
Kegiatan berupa Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dengan metode ceramah, diskusi, praktik pembuatan proposal penelitian dan pembimbingan Penyusunan Proposal PTK yang meliputi 32 jam pelajaran yang terbagi dalam 2 x 8 jam pelajaran materi teori dan 2 x 8 jam pelajaran materi praktek. Setelah pertemuan di hari pertama selesai, peserta diwajibkan melaksanakan praktek penyusunan proposal PTK sampai Bab III di luar pertemuan atau ini merupakan tugas mandiri dihitung pada hari kedua dan ketiga. Pada pertemuan keempat atau terakhir, peserta mendapat kesempatan untuk berkonsultasi dengan pemateri tentang proposal yang telah disusun dengan durasi waktu yang disediakan panitia adalah 4 jam pelajaran. Setelah itu mendapat materi teori 4 jam pelajaran. Setelah selesai kegiatan, peserta dapat mengambil sertifikat setelah mengumpulkan soft copy proposal PTK yang telah disusun dan dikonsultasikan.
G. Waktu Kegiatan
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Desember hingga Senin, 19 Desember 2011 mulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB.
H. Tempat Kegiatan
Kegiatan ini akan dilaksanakan di Ruang Pertemuan MTs Negeri Yogyakarta 2 dengan alamat UH VII / 566 Yogyakarta No Telpon (0274) 379042.
I. Fasilitas Peserta
Seluruh peserta akan mendapatkan ilmu, konsumsi, alat tulis, dan sertifikat secara gratis.
J. Panitia
Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh pengurus MGMP Bahasa Inggris MTs Provinsi DIY yang berjumlah 5 orang. Mereka adalah Alistyono Pramuhadi, S.Ag. (MTsN Gubukrubuh Gunungkidul) selaku Ketua Panitia, Ruslina Tri Astuti, S. Pd. (MTsN 2 Yogyakarta) selaku Wakil Ketua Panitia, Joko Purwanto, S. Pd. (MTsN Pundong Bantul) selaku Sekretaris Panitia, Marwati, S. Pd. (MTsN Galur Kulonprogo) selaku Wakil Sekretaris Panitia, dan Dina Andriyanti, S. Pd. (MTsN 1 Yogyakarta) selaku Bendahara Panitia.
K. Narasumber
Narasumber Workshop Penyusunan Proposal PTK adalah widyaiswara LPMP Yogyakarta dan praktisi atau pendidik berprestasi. Adapun personil narasumber bintek yang direncanakan adalah Drs. Yoko Rimi, M.Si., widya iswara LPMP Yogyakarta dan Ramea Agus Purnama, S.Pd., pendidik berprestasi nasional golongan IV/b dari SMP 3 Jetis Bantul.
L. Struktur Program Workshop
PROGRAM |
MATERI WORKSHOP |
ALOKASI WAKTU |
HARI |
|||
T |
P |
JML |
||||
POKOK | 1 | Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) |
2 |
– |
2 |
1 |
2 | Penyusunan Bab I |
2 |
– |
2 |
||
3 | Penyusunan Bab II |
2 |
– |
2 |
||
4 | Penyusunan Bab III |
2 |
– |
2 |
||
5 | Penyusunan Draft Proposal |
– |
8 |
8 |
2 |
|
6 | Penyusunan Proposal |
– |
8 |
8 |
3 |
|
7 | Konsultasi Proposal |
4 |
– |
4 |
4 |
|
PENUNJANG | 8 | Publikasi Penelitian Tindakan Kelas |
2 |
– |
2 |
|
9 | Teknik dan Strategi Juara Lomba Karya Tulis |
2 |
– |
2 |
||
Jumlah |
16 |
16 |
32 |
|||
Total |
32 JPL |
Keterangan: T: Teori, P: Praktik, 1 jam pelatihan = 45 menit
M. Tindak Lanjut
Tindak lanjut lanjut pasca Workshop Bintek Penyusunan Proposal PTK ini adalah para peserta dapat menyebarkan ilmunya ke pendidik lainnya dan melaksanakan PTK (dari proposal yang sudah disusun) di kelas masing – masing serta dapat mempublikasikan hasil PTK-nya.
N. Contact Person
Apabila ada pertanyaan mengenai kegiatan Workshop ini, dapat menghubungi ketua 1 di 0817277629 atau sekretaris 1 di (0274) 6517304 atau e-mail ke: mgmpingmtsjogja@yahoo.com atau kunjungi: www.mgmpingmtsjogja.wordpress.com atau add facebook account.
Leave a comment